Tips Menjaga Saluran Air Rumah Tidak Mampet

Tips-Menjaga-Saluran-Air-Rumah-Tidak-Mampet

Saluran air atau dikenal juga dengan saluran pembuangan memiliki peranan penting dalam aspek kebesihan di rumah. Umumnya terdapat dua bagian saluran air di rumah. Pertama saluran kloset dan kedua merupakan saluran untuk limbah. Nah kami akan berikan tips menjaga saluran air rumah anda.

Pastinya saluran yang tersumbat dapat menjadi sumber masalag kebersihan. Bau tak sedap pun muncul karena kamar mandi dan bak cuci di dapur dipenuh air buangan yang menggenang. Genangan air yang muncul akibat saluran air rusak juga mengandung bakteri dan kuman yang berbahay untuk kesehatan anggota keluarga.

Berikut tips menjaga saluran air rumah anda

Tips-Menjaga-Saluran-Air-Rumah-Tidak-Mampet-1

Ketahui penyebab mampetnya saluran air

Pertama tips menjaga saluran air adalah Ketahui penyebabnya. Ya, terhambatnya laju air di saluran buangan biasanya disebabkan oleh helaian rambut rontok, ampas sabun dan sampo yang menumpuk pada bgaian dalam pipa. Benda-benda yang sulir terurai seperti tius dan sisa pembalut sering kali tercecer dan terbuang ke dalam kloset sehingga menyebabkan saluran air kotor menuju ke septic tank.

Tidak membuang sampah ke saluran air

Mampetnya saluran air bisa dicegah dengan mudah salah satunya dengan tidak membuang sampah apapun ke dalam wastafel, kloset dan bak cuci piring. Sisa makan sebaiknya langsung dibuang ke tempat sampah. Sampah cair seperti minyak, mentega dan santan bisa disaring terlebih dahulu sebelum dibuang ke saluran air atau membuangnya secara langsung ketka dimasukan ke dalam wadah.

Jadi anda tidak perlu repot-repot melakukan penyedotan saat saluran air mampet. Maka berpikir ulanglah sebelum membuang sampah apapun ke dalam wastafel dan bak cuci. Jadi itu tips menjaga saluran air rumah anda agar tidak mampet ya.

Membersihkan lubang saluran air secara rutin

Tips-Menjaga-Saluran-Air-Rumah-Tidak-Mampet-2

Hal lainnya tips menjaga saluran air adalah anda harus membersihkannya secara rutin. Ya untuk yang ini anda harus menggunakan cairan disinfektan untuk membasmi bakteri dan kuman penyakit yang bersang disana. Manfaat juga bahan-bahan masak seperti baking soda atau cuka untuk menghacurkan kotoran yang menggumpal dalam saluran anda.

Selain itu, anda juga harus memasang saringan pada bagian lubang saluran drain juga daoat mencegah benda-benda berukuran besar masuk ke dalam saluran air anda. Jadi untuk yang ketiga ini sangat penting yang buat kamu ingin membersihkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *